-->

Wednesday, October 14, 2015

Pemda Akan Berusaha Tingkatkan Kompetensi Guru



Pemda Akan Berusaha Tingkatkan Kompetensi Guru-Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa (Kemendikbud), Sumarna Surapranata‎ mengatakan, pihaknya akan memperbaiki  tata kelola guru dan tenaga kependidikan melalui regulasi, pengelolaan, dan pengawasannya.

usaha yang dilakukan salah  satunya adalah perbaikan mekanisme pengembangan keprofesian bagi guru dimana penilaian kompetensi dan kinerja guru diantaranya adalah UKG, penilaian kinerja guru (PKG), dan prestasi belajar siswa. UKG meliputi uji tertulis terhadap kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional guru.
Sedangkan Penilaian Kinerja Guru (PKG) meliputi observasi terhadap kompetensi pedagogi, kompetensi pofesional, dan kompetensi sosial serta kompetensi kepribadian guru  yang dinilai oleh kepala sekolah, pengawas, komite sekolah, dan siswa serta dunia usaha dan industri. Penilaian prestasi belajar nantinya akan berdampak pada insentif  yang berbasis kompetensi dan kinerja guru guna meningkatkan produktivitas guru tersebut.

"Pemda harus memberikan jaminan kepada warganya dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas. Salah satunya melalui peningkatan kompetensi guru (PKG) di daerah tersebut. Pemda juga harus berkontribusi dengan arah yang jelas atas perencanaan sekolah-sekolah di daerahnya," ujar  Pranata, Rabu (14/10).

Selain itu, sekolah harus menyediakan basis data yang akurat mengenai kompetensi guru-gurunya guna mendukung perencanaan sekolah. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya dapat menimbulkan kepercayaan orang tua termasuk siswa terhadap kualitas pendidikan di sekolah dan dengan sendirinya para orang tua akan tergugah dan ikut serta untuk membantu sekolah.

"Organisasi profesi, dunia usaha, dan industri juga memiliki peran pada sektor peningkatan mutu atau kualitas guru. Organisasi profesi mengetahui kompetensi lulusan setiap sekolah, begitu juga dengan dunia usaha dan industri yang mengetahui dan mengerti kualitas sebuah sekolah, sehingga komponen-komponen ekosistem pendidikan itu diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas‎," pungkasnya.

Sumber : JPNN

Advertiser